Membuat Virtual Router di Mikrotik

Ok,, balik lagi dengan ane Nurwahid, saya cuma mau bagi info buat yg belum pernah nyoba otak-atik Router Board Mikrotik, kali ini saya diberi kesempetan buat nerima ilmu dari tempat kerja tepatnya dari atasan ane Pak Jonni Lim. Emang nih pak Jonni baik banget.
  1. RB nya punya memori internal minimal 1 GB
  2. Harus Punya lebih dari 3 Port. klo cuma dua port Percuma
Ok kita langsung aja ke konfigurasinya soalnya ane takut lupa nieh. adapun langkah-langkahnya sebagai berikut ini:
  • Masuk ke router Mikrotiknya bisa via Winbox atawa Webgish. tapi biasanya klo routernya masih kosong dia cuma bisa masuk via Winbox soalnya yg kebaca cuma Mac Addressnya doang, tapi ane juga belum pernah nyoba sih masuk default via Webgis. sok ente coba dulu deh.
  • Ok sekarang kita anggap udah masuk ke router miktotiknya, tapi sorry ane gk kasih Screen Shootnya soalnya waktu ane belajar sama bikin postingan jaraknya jauhnya banget.
  • klo udah masuk ke dalam mikrotiknya ane masuk via winbox yah, langkah awalnya kita kudu bikin Bridge. 
  • kita bikin Meta Router. di kotak dialog meta router ada pilihan Meta Routers sama Interface. dua pilihan ini masing-masing punya fungsi tersendiri. Meta Routers itu buat bikin Virtual Routernya Sedangkan Interface itu buat nentuin port mana aja yang digunakan buat Virtual Router yang kita buat. oke sampe sini ente pade udah paham kali yah.
  • Bikin Virtula Mesinnya di Meta Routers carannya pilih Add>kasih nama>Kasih besar memori penyimpanannya>udah itu tinggal di Apply deh, ok cara ini bisa ente ulang-ulang seperlunya. 
  • kita udah bikin Virtual Routernya, setiap router pastinya kudu punya interface kan, nah kita sekarang tingga daftarin port mana aja yang buat ngakses Virtual Router yang kita gunaain. caranya biasa kita kudu masuk di kotak dialog Meta Router>Interface>tinggal daftarin portnya aja deh
  • catatan buat setiap Virtual Router minimal kudu punya 2 settingan interface yaitu Dynamic dan Static.adpun settingan intgerfacenya masing kyak gini nie gan: 
  • Buat Setttingan interface Dynamic: Meta Roter>interface>add interface>Dynamic>Isi Virtual Mechinen=Virtual Router yang Kita buat tadi>Bridge>OK. Selesai
  • Buat Settingan interface Static: Meta Router>Interface>Static>Virtual Mechine=Virtual Router yang tadi kita bikin>Interface=Port buat remote Virtual Routernya>OK. selesai
  • ok itualah cara singkat buat bikin MEta Router, sekarang kita tinggal jajal aja, colok ke port masing-masing virtual Router yang tadi dibuat.
Ok itu lah tahapan singkat yang bisa ane tulis di blog yang gak laku ini. Semoga apa yang ane tulis bisa manfa'at. Akhir kata ane ngucapin banyak terima kasih sama yang udah mau baca postingan ane. dan tak lupa juga sama Pak Jonni Lim selaku atasan ane, semoga ane bisa jadi anak buah anu manf'a'at. Amin 6666x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar